Cara Mengatasi Error Not Found 404

31 Jan 2022, 12:01

Sudah tidak asingkan dengan ‘Error 404: Not Found’? Yap, Error pada browser yang satu ini merupakan error yang paling sering ditemui para pengguna internet maupun para pemilik website.

Terkadang munculnya error ini bisa membuat sedikit jengkel karena merusak pengalaman Anda Ketika mengunjungi sebuah laman website. Tapi jangan khawatir karena kabar baiknya, Anda dapat mengatasi Error 404 ini dengan mudah lho.

Pada artikel kali ini, TRAINO.ID akan memandu Anda untuk mempelajari apa itu Error 404 dan bagaimana cara mengatasi Error 404: Not Found ini sampai tuntas. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengetahui apa saja penyebab Error 404 terjadi. Yuk simak Bersama-sama!

 

Apa Itu Error 404 Not Found

Error 404 adalah sebuah peringatan yang muncul pada saat browser yang Anda gunakan tidak menemukan halaman atau file yang diakses. Bisa konten yang diakses hilang, telah diubah atau bahkan ternyata sedang mengalami kerusakan.

Sebenarnya tampilan pesan error yang muncul bisa jadi terlihat berbeda-beda, seperti 404 Error, 404 Not Found, HTTP 404 dan lain-lain. Pesan error ini bisa terbaca dari berbagai jenis browser Ketika halaman web yang sedang Anda buka tidak dapat diakses.

Sehingga dapat diartikan “Error 404 Not Found” adalah script dari website yang Anda miliki. Faktor lainnya, mungkin dapat disebabkan oleh server hosting tempat Anda menyimpan sebuah file website.

 

Penyebab Munculnya Error 404 Not Found

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi Error 404 ini, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab munculnya halaman tersebut. Dengan begitu Anda dapat menghindari atau mengerti mengapa halaman tersebut muncul.

 

  1. Salah memasukkan URL

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab terjadinya Error 404 Not Found yaitu kesalahan ketik pada saat menulis URL, sehingga website yang Anda tuju tidak muncul di hasil pencarian mesin pencari.

Contohnya adalah ketika Anda akan mengakses www.traino.id namun Anda malah mengetik www.trainno.co.com maka Anda akan menemui laman yang eror.

 

  1. Cache eror atau tidak dapat ditemukan

Cache adalah satu hal yang cukup penting pada sebuah website. Cache seperti sebuah memori yang menyiman data sebuah website. Cache juga berfungsi untuk meringankan sebuah website Ketika akan diakses.

Akan tetapi masalah pada caching juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya error 404. Jika browser yang Anda gunakan tidak dapat menemukan file cache website, maka error not found 404 akan muncul.

 

  1. Pengaturan DNS yang bermasalah

Faktor selanjutnya yang dapat menyebabkan munculnya Error 404 adalah masalah pada domain yang Anda gunakan belum dipropagasi ke Domain Name System (DNS) yang digunakan.

 

  1. Plugin atau tema bermasalah

Plugin atau tema yang bermasalah bisa menyebabkan munculnya Error 404. Pada beberapa kasus, plugin atau tema bermasalah mempengaruhi link URL website Anda. Apabila hal ini terjadi, kemungkinan error 404 akan muncul.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Setelah Anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya Error 404 Not Found, sekarang TRAINO.ID akan membagikan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Error 404.

 

  1. Refresh Halaman Website atau Restart Browser

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan Ketika berhadapan dengan halaman 404 not found adalah dengan melakukan refresh pada halaman website yang sedang Anda kunjungi. Apabila cara tersebut tidak berhasil, maka Anda dapat menutup browser yang Anda gunakan kemudian buka kembali dan coba untuk mengunjungi URL yang akan dikunjungi sebelumnya.

 

  1. Periksa URL yang diinput

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memastikan alamat URL yang Anda masukkan sudah tepat, karena kesalahan satu huruf saja atau kesalahan domain bisa membawa Anda kepada halaman 404 not found.

Maka dari itu untuk mencegah terjadinya kesalahan penginputan URL, Anda dapat membuka halaman mesin pencari seperti Google, Bing maupun Yahoo terlebih dahulu dan memasukkan nama website yang ingin Anda kunjungi.

Pada setiap website yang sudah terdata di internet, pasti akan muncul dan terdaftar pada setiap mesin pencari yang ada sehingga Anda cukup mengklik link URL yang sudah tersedia di sana.

 

  1. Reset History Cache pada Browser

Pada umumnya browser yang digunakan saat ini akan selalu menyimpan seluruh rekam jejak Anda di internet dalam bentuk cache dan cache ini akan memudahkan pengguna ketika Anda mengunjungi sebuah website yang sama lebih dari sekali.

Pada saat Anda mengunjungi sebuah website untuk pertama kalinya, biasanya website tersebut akan memakan waktu loading yang lama karena server website harus mengumpulka data dari IP Addres yang ingin mengunjungi website tersebut.

Setelah semua data perangkat Anda dikumpulkan dalam kunjungan website pertama dan dimasukkan dalam bentuk cache, maka untuk kunjungan website seterusnya, server website akan membaca informasi yang sudah ada dalam cache tersebut sehingga waktu loading atau muatan halaman pun akan jadi lebih cepat.

Pada saat Anda menemukan 404 not found dari website yang hendak dikunjungi, maka bisa jadi ada masalah pada cache browser yang digunakan seperti cache sudah terlalu penuh dan sebagainya. Maka dari itu melakukan clear cache oada bagian pengaturan browser menjadi cukup esensial.

 

Nah, itu dia beberapa trik untuk mengatasi Error 404 Not Found yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Selamat mencoba ya!

 


Baca lainnya

© 2021 - 2022. GoXpert by Bandung Techno Park Telkom University