Kehidupan Virtual Seakan Nyata Dengan Metaverse!

21 Feb 2022, 12:02

Teknologi yang semakin canggih menciptakan pemikiran-pemikiran terbaru yang sangat luar biasa. Coba bayangkan! Kamu bisa merasakan dunia virtual dan masuk ke dalamnya! Hal yang menarik dan di luar akal sehatmu bukan? Akan ada banyak pertanyaan di pemikiran kita. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, Hal apa itu? Bagaimana itu bisa terjadi? Bagaimana prosesnya? dan yang lainnya.

Maka dari itu, Yuk bersama Traino.id kita cari tahu!

 

Lahirnya Metaverse

Istilah Metaverse diciptakan oleh seorang yang bernama Neal Stephenson, pada tahun 1992 istilah ini disebutkan dalam novel yang berjudul Snow Crash. Dalam novel tersebut Metaverse adalah tempat tinggalnya seorang avatar yang ternyata di dunia virtual 3D.

Definisi tersebut kurang diterima secara umum dari istilah ini. Pikirkan Metaverse sebagai internet dalam bentuk 3D. Pemilik dari salah satu platform media sosial terbesar yaitu Facebook. CEO Facebook yang bernama Mark Zuckerberg ini mulai mengambil tindakan atau langkah maju dari munculnya teknologi masa depan.

 

Apa sih Metaverse itu?

Metaverse ramai dibincangkan oleh para ahli IT, pebisnis, pemasaran dan ahli ekonomi sebagai salah satu topik yang sedang hangat. Dunia virtual yang merupakan pintu menuju digital dimasa yang akan datang. Popularitasnya terus melejit setelah CEO Facebook , Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc, atau singkatannya Meta. Metaverse pun sejatinya masih belum bisa dijelaskan secara detail. Pasalnya, ia masih dianggap sebagai sebuah konsep.

 Mark Zuckerberg menggambarkan metaverse sebagai lingkungan virtual yang bisa kamu masuki, kamu tidak hanya melihat layar. Singkatnya, ini adalah dunia tanpa akhir dari komunitas virtual yang saling berhubungan. Tempat orang dapat bekerja, bertemu, dan bermain menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi ponsel cerdas, dan/atau perangkat lain.

 Deskripsi sederhana Facebook tentang metaverse adalah seperangkat ruang virtual di mana seseorang dapat membuat dan menjelajahi pengguna internet lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan orang itu.

 

Metaverse milik Facebook?

Perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan pembuat chip Nvidia mengatakan tentang Metaverse. Jadi, Metaverse bukan hanya proyek Facebook semata. Richard Keris, wakil presiden platform untuk Nvidia's Omniverse, mengatakan ada banyak perusahaan yang membangun dunia dan lingkungan virtual di metaverse seperti halnya melakukan sesuatu di World Wide Web.

Metaverse penting untuk skalabilitas, Richard menjelaskan, sehingga pengguna dapat berteleportasi ke dunia yang berbeda dari satu perusahaan atau lainnya. Demikian juga, Metaverse akan memungkinkan pengguna Internet untuk berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya.

Juga, perusahaan video game di belakang video game Fortnite yang populer Epic Games masuk dan mengumpulkan $ 1 miliar dari investor untuk membantu rencana jangka panjangnya untuk membangun dunia virtual.

Pemain besar lainnya adalah platform game Roblox. Platform mereka menguraikan visinya untuk metaverse, tempat di mana orang dapat berkumpul dalam pengalaman 3D untuk bekerja, bermain, bersosialisasi, belajar, dan berkreasi.

Merek seperti rumah mode Italia Gucci juga bermitra dengan Roblox untuk menjual koleksi aksesori khusus digital. Selain itu, Coca-Cola dan Clinique juga menjual token digital sebagai batu loncatan ke Metaverse.

Facebook mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Metaverse bukanlah produk tunggal yang hanya dapat dibangun oleh satu perusahaan. Sebaliknya, Metaverse seperti Internet, dan masih ada baik di luar Facebook atau tidak.

 

Kehebatan Metaverse!

Dunia virtual akan semakin nyata dengan Metaverse. Dengan melalui Metaverse dapat melakukan hal-hal yang hebat.

 

1. Lihat dan Beli Karya Seni & Pakaian

Hal lain yang dapat Anda lakukan di Metaverse adalah melihat dan membeli karya seni dan pakaian. Menurut Wired, sistem jual beli seni di dunia maya hadir dalam bentuk NFT.Pengguna nantinya dapat melihat dan membeli karya seni eksklusif dari perusahaan atau seniman jika mereka tertarik.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mencoba pakaian langsung dari perusahaan.

Pakaian ini nantinya bisa digunakan oleh avatar atau dipajang di akun media sosial pembeli. Konsep busana yang dikenal juga dengan istilah digital fashion ini sudah mulai banyak diperjualbelikan oleh perusahaan ternama ternama.

 

2. Bekerja

Terakhir, Metaverse adalah platform yang dapat digunakan oleh perusahaan dan pengguna. Diluncurkan di CNBC, metaverse bisa menjadi hal baru bagi pekerja yang terjebak dengan shift kerja dari rumah selama pandemi Covid-19.

 

3. Konser Virtual

Satu hal yang dapat Anda lakukan di Metaverse adalah menonton konser virtual. Seperti yang dijelaskan Glints, publik dapat berkampanye di jalur kampanye perusahaan. Salah satunya adalah menonton konser virtual di lingkungan dunia maya. Konsepnya hampir mirip dengan menonton konser langsung. Dengan bantuan teknologi, Anda akan mengalami suasana nyata dari konser dengan pengguna lain di metaverse. Menarik, bukan?

 

4. Permainan Utama

Bagi pengguna yang suka bermain game, Metaverse bisa dikatakan sebagai platform yang sangat menyenangkan. Pasalnya, banyak perusahaan video game ternama telah menjalin kerja sama dengan perusahaan milik Mark Zuckerberg. Di dalamnya, Anda dapat menikmati berbagai game dari perusahaan seperti Epic Games yang menerbitkan Fortnite.

Untuk memainkannya, Anda membutuhkan teknologi khusus, seperti Oculus Rift, untuk "memasuki" dunia maya ke dunia maya.

 

Nah bagaimana? sudah dapat memahami apa itu metaverse bukan? Pada artikel Traino.id ini kamu akan di ajak untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi. Nantikan artikel Traino.id selanjutnya ya. See you!

 




Baca lainnya

© 2021 - 2022. GoXpert by Bandung Techno Park Telkom University